Do right. Do your best. Treat others as you want to be treated. ~Lou Holtz

PELATIHAN HIDROPONIK OLEH KTNA



Politeknik Bisnis Indonesia kerja sama dengan Kontak Tani Nelayan Andalan Kota Pematangsiantar, melaksanakan pelatihan hidroponik pada Senin,19 Februari 2018 di aulau PBI Murni Sadr Pematangsiantar. Pelatihan hidroponik angkatan pertama ini di hadiri peserta dari berbagai kalangan yaitu siswa/i SLTA,Mahasiswa,Perwakilan KTNA Se-SUMUT dan masyarakat umum.Wkl.Sekretaris KTNA sumut dalam sambutannya mengatakan kegiatan pelatihan hidroponik yang dilaksankan oleh KTNA Pematangsiantar merupakan terobosan untuk sarana belajar bagi masyarakat yang ingin bertani dengan lahan yang terbatas.KTNA Pematangsiantar merupakan induk dari kelompok tani yang termasuk paling aktik dalam melakukan event maupun kegiatan pertanian ,Henry Dunan Pardede,S.P,MM selaku ketua KTNA Kota Pematangsiantar mengatakan kegiatan pelatihan hidroponik ini merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat kota untuk pemanfaatan lahan pekarangan ! Kegiatan pelatihan hidroponik ini dirancang untuk dapat diterapkan di pekarangan rumah sebagaimana keinginan masyarakat kota seperti: Tersedianya kebutuhan pangan /sayuran organik, higienis,bebas pestisida,Bertani dengan lahan sempit(urban Farming),Bertani dengan bersih karena tidak memakai media tanah Menyalurkan kegiatan positif atau kretif untuk menanam sayuran di depan rumah,menghilangkan stres dan menyehatkan badan dan pikiran.

Hidroponik muncul sebagai alternatif akibat keterbatasan lahan karena sistem bertani initidak harus memerlukan tanah sebagai media tanam.Tanah hanyalah media tumbuh untuk segala jenis tanaman ,namun yang sesungguhnya yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh adalah unsur hara yang ada didalam tanah. Henry Dunan Pardede,S.P,MM berharap kedepan produk hidroponik organik akan berkembang khususnya di Siantar –Siamalungun supaya masyarakat dapat mengkonsumsi sayuran sehat dan tentunya meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat usaha agribisnis.

Hengki M.P Simarmata ,MM selaku ketua Panitia mengucapkan terima kasih atas partisipasi masyarakat yang sangat antusias dimana Jumlah peserta yang mengahadiri pelatihan hidroponik ini sebanyak 120 peserta yang mewakili berbagai kalangan. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk membimbing masyarakat dalam belajar dan dapat mempraktekkan hidroponik yang telah dipaparkan Bpk. Henry Dunan Pardede,SP.MM yang dikenal sebagai Dosen,Praktisi pertanian dan Ketua KTNA Pematangsiantar.
Dalam kesempatan yang sama juga ,Satria Lubis,S.P dari Erwindo atau yang dikenal dengan Benih Panah memberikan sosialisasi tentang memnfaatkan lahan pekarangan atau urban farming.Kami siap untuk bekerjasama dengan KTNA untuk pemanfaatan lahan pekarangan dan peningkatan kesejahteraan petani !

Antusias masyarakat sangat besar untuk ikut dalam pelatihan hidroponik , terbukti Peserta yang mendaftar bukan hanya dari wilayah Siantar- Simalungun namun perwakilan dari 15 kab/kota juga akan mengikuti pelatihan hidroponik ini. Acara pelatihan selesai dan ditutup oleh Wkl Ketua KTNA Sumut bpk H Raya Pasaribu yang juga ketua KTNA Labuhan Batu, Beliau sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan hidroponik oleh KTNA Pematangsiantar, walaupun wiayah pertaniannya tidak begitu luas dibanding kabupaten lainnya ,tetapi mereka selalu aktif dalam kegiatan pertanian. Pengurus KTNA Sumut akan melakukan kegiatan –kegiatan serupa untuk wilayah Kab/kota lainnya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Partners

Campus Locations

(0622) 420466, 082168606066, 087892122177

Jalan Sriwijaya No. 9(C-E), Pematangsiantar

Sumut - Indonesia

Link Luar

Simlitabnas

Perpustakaan Nasional

Ristekdikti