Do right. Do your best. Treat others as you want to be treated. ~Lou Holtz

DOSEN DAN MAHASISWA PBI MURNI SADAR MELAKUKAN PENELITIAN RISTEKDIKTI UNTUK PENGEMBANGAN DI DAERAH SAMOSIR



Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Karena dosen itu memiliki tugas mengajar dan membimbing mahasiswa agar yang bersangkutan memiliki kompetensi yang relevan dengan keahliannya dan memiliki tanggung jawab pengembangan ilmu pengetahuan melalui penelitian yang semestinya dilakukan secara terus menerus. Oleh karena itu para dosen Politeknik Bisnis Indonesia Murni Sadar (PBIMS) akhirnya melakukan kegiatan penelitian Ristekdikti di desa Pardomuan Sibisa, Sirungkongon, Sigapiton, Kecamatan Ajibata Tobasa (21-22 Juni 2019).
Dalam mewujudkan program pemerintah untuk meningkatkan pariwisata di Daerah Samosir para dosen PBIMS mengajak mahasiswa/i melakukan penelitian bidang Pariwisata, Wirausaha dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi masyarakat dibeberapa desa tersebut. program pengembangan SDM kepariwisataan tersebut telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai salah satu fokus pemerintahan, selain pengembangan infrastruktur di daerah Samosir.

Penelitian ini mengkaji tentang strategi pengembangan sumber daya manusia di Bidang Pariwisata dikaji dari sudut pandang potensi wisata daerah berkembang. Keberadaan SDM diduga berperanan penting dalam pengembangan pariwisata. SDM pariwisata mencakup wisatawan/pelaku wisata (tourist) atau sebagai pekerja (employment). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan, pengembangan, dan pembiayaan kawasan wisata memerlukan daya dukung dari banyak stakesholder (public, private, dan society) sehingga prosesnya bisa berjalan dengan lancar.

“Keberhasilan pengembangan kawasan ini juga sangat dipengaruhi oleh kondisi stabilitas keamanan dan politik, daya dukung sumberdaya manusia yang memiliki keahlian yang sesuai baik segi kualitas maupun kuantitasnya, adanya anggaran yang digunakan untuk mengembangkan sarana dan prasarana kawasan wisata, kebijakan hukum yang memberikan kemudahan, keamanan, transparansi dan kenyamanan bagi para investor maupun wisatawan dalam menanamkan modal dan menikmati kawasan wisata, serta sosialisasi dan promosi atas pengembangan dan pemanfaatan kawasan wisata” kata Bapak Henry Dunan Pardede selaku Dosen dan Koordinator Penelitian tersebut.

"Ini adalah suatu kebanggaan dan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Kemenristekdikti dan Dosen PBIMS yang telah melibatkan kami sebagai mahasiswa untuk melakukan penelitian ini yang merupakan suatu motivasi besar terhadap peningkatan kualitas dan mutu sebagai mahasiswa PBIMS," penuturan Satria Mahasiswa PBIMS.

Masyarakat desa Pardomuan Sibisa, Sirungkongon, dan Sigapiton sangat senang atas kedatangan Dosen dan Mahasiswa PBIMS yang telah membimbing dan melakuan penelitian yang sangat bermanfaat buat kemajuan desa mereka sebagai tempat wisata yang akan menarik perhatian banyak pengunjung.

“Dison ma hamu tinggal pak, asa adong mangajari hami apala sabulanon” permintaan salah satu warga tersebut menggunakan Bahasa batak yang artinya Disinilah kalian tinggal pak, supaya ada yang membimbing kami dalam sebulan ini .

Partners

Campus Locations

(0622) 420466, 082168606066, 087892122177

Jalan Sriwijaya No. 9(C-E), Pematangsiantar

Sumut - Indonesia

Link Luar

Simlitabnas

Perpustakaan Nasional

Ristekdikti