Do right. Do your best. Treat others as you want to be treated. ~Lou Holtz

NIM: 12110006

NAMA: Muhammad Habibi Siregar

DOSEN PEMBIMBING: Victor Marudut Mulia Siregar, S.Kom.

JUDUL: Sistem Informasi Pemasaran Korban Di harian Siantar 24 Jam

PENDAHULUAN:


     Di era globalisasi sekarang ini, segala sesuatu yang menyangkut informasi tidak dapat  lepas dari teknologi. Teknologi ini dapat dilihat dari perkembangan komputer yang sangat pesat, sabab sekarng ini komputer merupakan media IT (Informasi Technology) yang paling dominan. Dari bidang pelayanan jasa dari tingkat menengah maupun tingkat atas telah menggunakan teknologi informasi untuk mendukung kegiatan usahanya. Peningkatan kebutuhan manusia terhadap informasi menyebabkan banyak pihak tertarik untuk berinvestasi, baik melalui media cetak maupun media elektronik. 

     Kerja Praktek Lapangan merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi mahasiswa jurusan Teknik Komputer sebelum membuat Tugas Akhir(TA). Penulis selalu berupaya untuk  dapat terlibat langsung dalam hal operasional dan proses kegiatan usaha, dengan harapan mampu memahami suatu bidang ilmu dan kegiatan usaha, baik secara teori maupun praktek. Proses pembelajaran dilakukan dengan cara mengamati dan mengikuti kegiatan secara langsung, yang terkait dengan pengelolaan sistem informasi. 

     Pada media cetak, terjadi persaingan ketat seiring dengan meningkatnya jumlah dan variasi media cetak, seperti surat kabar mingguan, tabloid, majalah dan sebagainya. Salah satu jenis media cetak yang tingkat persainganya paling ketat adalah surat kabar harian, di mana saat ini terdapat banyak penerbitan surat kabar harian berusaha untuk mempertahankan konsumen yang telah ada dam memperoleh konsumen sebanyak mungkin dengan berbagai cara. Salah satu cara yang diterapkan adalah dengan pengiriman surat kabar harian hingga sampai ke tangan komsumen tepat pada waktunya.

     PT. Harian Siantar Dua Puluh Empat Jam adalah pengelola surat kabar Harian Siantar 24 Jam. Perusahaan ini adalah bergerak dalam bidang penerbitan surat kabar di Pematangsiantar.  Dalam kegiatan usahanya sehari-hari selalu menjaga kwalitas pengiriman surat kabar agar sampai di tangan konsumen tempat pada waktunya merupakan hal mutlak bagi perusahaan surat kabar ini. Tolak ukur kwalitas pelayanan kepada konsumen surat kabar harian adalah ketepatan penerimaan surat kabar harian oleh konsumen.

     Perusahaan menyadari hal tersebut, sehingga pihak perusahaan merasa harus membuat suatu menajemen yang profesional pada bagian sirkulasi dan distribusi. Salah satu bagian penting dari menajemen ini adalah menentukan proses pendistribusian surat kabar ke agen-agen dan sub agen. Jumlah agen yang sudah tersebar sampai dengan saat ini 6 agen, loper 5, dan asongan 35, dimana agen-agen tersebut merupakan mitra kerja perusahaan untuk mengembangkan usaha, bukan anak dari perusahaan. Serta untuk wilayah pemasaranya mencapai daerah Siantar Simalungun, Batu Bara. Tobasa dan Rantau Parapat. Untuk jumlah penerbitan dalam satu harinya mengasilkan 7.800 per/eksemplar.

Partners

Campus Locations

(0622) 420466, 082168606066, 087892122177

Jalan Sriwijaya No. 9(C-E), Pematangsiantar

Sumut - Indonesia

Link Luar

Simlitabnas

Perpustakaan Nasional

Ristekdikti