Do right. Do your best. Treat others as you want to be treated. ~Lou Holtz

NIM: 12110009

NAMA: Samuel

DOSEN PEMBIMBING: Novendra Adisaputra Sinaga, S.Kom.

JUDUL: PENERAPAN SISTEM SINGLE SIGN ON MENGGUNAKAN OPENLDAP

PENDAHULUAN:


Perkembangan teknologi komputer dewasa ini sangat pesat, terlebih lagi dengan ditemukannya teknologi jaringan komputer dan Internet. Seiring dengan perkembangan Internet, telah banyak dibangun sistem yang bersifat real-time dan online yang memungkinkan seseorang dapat mengaksesnya dari mana saja dan mendapatkan informasi terkini. Sistem tersebut dibangun sendiri (stand alone) dan banyak yang membutuhkan sebuah proses identifikasi terhadap user yang berhak untuk mengakses sistem-sistem tersebut. Hal ini dapat terlihat pada permintaan login menggunakan username serta password sehingga hanya user yang berhak yang dapat mengakses atau masuk ke dalam sistem.

Sistem otentikasi terpusat yang melayani proses pembuktian identitas seseorang akan sangat berguna apabila terdapat banyak aplikasi yang membutuhkan proses otentikasi. Sistem ini memerlukan satu buah user identity yang unik untuk seorang user yang disimpan dalam sebuah credential store. Otentikasi dari semua aplikasi yang ada diatur oleh sebuah server otentikasi (Central Authentication Services) yang menangani validasi dan otorisasi user identity yang tersimpan dalam server yang menyimpan informasi user tersebut.

Salah satu metode otentikasi yang sering digunakan saat ini adalah otentikasi berbasis Lightweight Directory Access Protocol (LDAP). Dengan LDAP, pengguna dimudahkan dalam pemakaian atau mengingat kata sandi, dimana pengguna hanya mengingat satu kata sandi saja untuk banyak aplikasi yang memerlukan proses otentikasi user. Akan tetapi pengguna tetap harus memasukkan nama dan kata sandi pada saat akan melakukan otentikasi pada masing-masing aplikasi.

 

Partners

Campus Locations

(0622) 420466, 082168606066, 087892122177

Jalan Sriwijaya No. 9(C-E), Pematangsiantar

Sumut - Indonesia

Link Luar

Simlitabnas

Perpustakaan Nasional

Ristekdikti