Do right. Do your best. Treat others as you want to be treated. ~Lou Holtz

Ketua Jurusan Akuntansi

Mie Mie, S.E., M.Ak.


Program Studi S1 Akuntansi dapat berdiri tegak memberikan kontribusi bagi mahasiswa, masyarakat, bangsa dan negara. Program Studi S1 Akuntansi hadir memberikan solusi komprehensif bagi pengembangan keilmuan akuntansi di Indonesia, memberikan input yang bermutu bagi dunia kerja dan mengembangkan profesi akuntan mulai dari akuntan publik, akuntan manajemen, akuntan sektor publik, dan akuntan pendidik.

Mahasiswa Program studi akuntansi merupakan mahasiswa yang memiliki keunggulan akademis yang tinggi serta melalui proses saringan masuk yang dijaga ketat kualitasnya. Berbagai prestasi telah diraih oleh mahasiswa Akuntansi STAMI baik prestasi dalam skala nasional maupun internasional. Mahasiswa yang telah lulus dan menjadi alumni juga banyak yang telah berkarya menjadi akuntan-akuntan yang telah bekerja pada berbagai tingkatan manajemen, hingga sampai pada level Top Management.

Kurikulum pendidikan Prodi S1 Akuntansi telah dirancang sesuai dengan kurikulum berstandar internasional, yaitu International Education Standard untuk membentuk kepribadian akuntan yang menguasai dalam hardskill akuntansi, mumpuni dalam softskill, serta memiliki sikap dan perilaku etis yang tinggi.

Pengajaran dan pendidikan akuntansi dilakukan oleh dosen tetap akuntansi yang bergelar S2 dan S3 lulusan universitas ternama baik dalam maupun luar negeri, serta memiliki pengalaman praktek akuntansi yang luas. Metode pembelajaran diarahkan menjadi Student Centered Learning, yang bermakna mahasiswa sebagai objek pembelajar dan dosen menjadi fasilitator belajar, sehingga diharapkan metode pembelajaran dapat memberikan pemahaman dan pengalaman belajar bagi mahasiswa.

Pengajaran di STAMI dilakukan sebagai bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi dan didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai dan kuat. Dengan munculnya berbagai peluang dan kesempatan yang ada, maka kami mengharapkan Prodi S1 Akuntansi dapat terus maju dan memberikan kontribusi bagi semua pihak.

Visi

Visi Sekolah Tinggi Akuntansi dan Manajemen Indonesia adalah Menjadi Sekolah Tinggi yang unggul dibidang akuntansi dan manajemen yang menghasilkan lulusan berdaya saing skala nasional pada tahun 2025.


Misi

  1. Menyelenggarakan dan membangun sistem pembelajaran yang dapat menghasilkan lulusan yang unggul dibidang akuntansi dan manajemen dalam mempersiapkan diri memasuki dunia bisnis maupun menghadapi persaingan di pasar kerja baik nasional maupun internasional.
  2. Melakukan pengembangan pendidikan dan profesi bagi tenaga pengajar dan staf pendukung.
  3. Melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat secara terprogram dan teratur dalam rangka mengembangkan ilmu akuntansi, dan manajemen serta kontribusinya dalam bidang bisnis dan pengembangan ekonomi masyarakat.
  4. Membangun organisasi pendidikan yang otonom, secara efisien dan berlandaskan kepada etika serta estetika.
  5. Membangun kerja sama dengan berbagai instansi dalam dan luar negeri untuk peningkatan kualitas mutu lulusan.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul dibidang akuntansi dan manajemen yang berdaya saing skala nasional peduli pada kepentingan masyarakat, berorientasi global dan tanggap terhadap kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni budaya (IPTEKS).
  2. Menghasilkan karya ilmiah yang merupkan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang ekonomi, manajemen, dan akuntansi yang dipublikasikan dan menjunjung tinggi hak atas kekayaan intelektual (HAKI).
  3. Menciptakan suasana ilmiah yang kondusif untuk mendukung penyelenggaraan kegiatan akademik dan non-akademik.
  4. Menghasilkan kerja sama dengan berbagai instansi dalam dan luar negeri untuk peningkatan kualitas mutu lulusan.

Sasaran dan strategi pencapaian

Sasaran Arah Kebijakan Tahun Pencapaian
Penyediaan dan penerapan kurikulum yang mampu meningkatkan mutu, relevansi dan daya saing lulusan. Mengembangkan dan menerapkan Kurikulum berbasis Kompetensi (KBK) sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), pada level 6. 2017
Penyempurnaan proses pembelajaran seuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  • Menyediakan sarana dan prasarana proses pembelajaran (perkuliahan dan praktikum).
  • Mendorong proses pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (Student Centre Learning).
  • Meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan.
2018
Peningkatan sistem penilaian sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  • Menyempurnakan sistem penilaian berbasis kompetensi sesuai dengan jenis pendidikan dan level kualifikasi.
  • Memperkuat sistem penjaminan mutu internal.
2018
Peningkatan standar mutu akademik. Menyempurnakan kebijakan dan pedoman akademik. 2018
Peningkatan jumlah, mutu dan relevansi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan berdaya saing nasional.
  • Meningkatkan dana, sarana dan prasarana penelitian.
  • Mengembangkan penerbitan jurnal ilmiah yang berkualitas.
  • Memfasilitasi kegiatan dan diseminasikan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Meningkatkan relevansi pengabdian kegiatan kepada masyarakat.
2018
Pengembangan rencana program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menjamin peningkatan kapasitas dan mutu lembaga.
  • Merevitalisasi manajemen lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat.
  • Mengembangkan Pusat pusat unggulan berbasis penelitian yang mendukung pembangunan daerah nasional.
  • Menetapkan agenda penelitian yang terprogram secara berkisinambungan.
2019
Peningkatan kompetensi dosen di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Mengefektifkan pelatihan penyusunan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta penulisan publikasi ilmiah. 2019
Peningkatan kinerja dan produktifitas grup penelitian. Mengefektifkan sistem monitoring dan evaluasi kinerja grup penelitian. 2019
Penyempurnaan sistem penilaian proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, termasuk monitoring dan evaluasi pelaksanaannya. Mengevektifkan system monitoring dan evaluasi pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 2019
Peningkatan dan penyempurnaan sistem pelayanan administrasi.
  • Mengembangkan Sistem Tatakelola sebagai lembaga yang otonom dan akuntabel.
  • Mengoptimalkan layanan administrasi (akademik, kemahasiswaan, perencanaan dan system informasi, keuangan, kepegawaian, perlengkapan dan umum).
2018
Pembentukan lembaga pengelola unit bisnis. Mengoptimalkan Pengelolaan sumberdaya (lahan, SDM, dana, sarana-prasarana). 2018
Peningkatan peran Teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Mengembangkan pemanfaatan TIK dalam proses Pembelajaran, Penelitian dan peningkatan tatakelola dan transparansi pengelolaan pergutuan tinggi. 2018
Peningkatan sarana prasarana kegiatan kemahasiswaan Mengembangkan sarana kegiatan kemahasiswaan UKM. 2018
Mengadakan kegiatan seminar yang sesuai dengan bidang ilmu
  • Seminar sesuai bidang keilmuan
  • kegiatan entrevereneur
  • kompetisi ilmiah.
2017
Penguatan system dan mekanisme kerjasama akademik. Mengembankan dan meningkatkan kerjasama dibidang tri darma perguruan tinggi dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri. 2019
Peningkatan dan penyempurnaan kerjasama non akademik. Memfasilitasi kerjasama dengan pihak eksternal. 2019
# Nama Dosen Mata Kuliah
1 Rizal Sinaga, S.E., M.M. Pengantar Manajemen Perkantoran,
Praktikum Manajemen Kearsipan,
Manajemen Keuangan
2 Calen, S.E., M.M. Dasar Akuntansi I,
Pengantar Manajemen Kearsipan,
Manajemen Pemasaran
3 Justrina Br. Singarimbun, S.E. Matematika Ekonomi,
Dasar Akuntansi II,
Sistem Informasi Manajemen
4 Selimarwati, S.E. Praktikum Dasar Akuntansi,
Manajemen Sumber Daya Manusia
5 Deva Marina, S.E. Keuangan dan Perbankan,
Komunikasi Bisnis
6 Timotius Agama
7 Filiaty, S.E. Pengantar Mikroekonomi,
Lobi dan Negoisasi
8 Wesly Nababan, M.Pd. Pengembangan Kepribadian,
Kepemimpinan
9 Johny Chandra, S.E., M.M. Workshop Kewirausahaan,
Keuangan dan Perbankan,
Pengetahuan Ekspor Impor
10 Sahat Sonang, M.Kom. Pengantar Teknologi Informasi Komputer,
Pengantar Aplikasi Komputer,
Aplikasi Komputer Bisnis
11 Viktor Marudut Siregar, S.Kom. Praktikum Pengenalan Teknologi Informasi Komputer,
Aplikasi Komputer Bisnis
12 Pontas Pardede, S.E., M.Sc. Metode Penelitian
13 Alexander Barus Moneter dan Bank,
Etika Profesi
14 James Timbul Sitorus Kewirausahaan,
Perpajakan
15 Raja Ahab Damanik Pendidikan Kewarganegaraan,
Hukum Bisnis,
Hukum Pajak,
Pengetahuan Hukum Dagang
16 Rennya Villsa Trisada Pengantar Sekretari,
Pengantar Travel,
Etiket dan Protokoler
No.KodeNama Mata KuliahSksSemesterTeoriPraktek
16218AK01Akuntansi Dasar I3121
26218MN01Pengantar Bisnis213 
36218EK01Pengantar Ekonomi Mikro312 
46218MN02Pengantar Manajemen3121
56218EK02Matematika Ekonomi Bisnis313 
66218SI01Pengantar Teknologi Informasi212 
76218UM01Agama212 
86218UM02Pancasila dan Kewarganegaraan212 
96218UM03Bahasa Inggris I212 
TOTAL  22 202
No.KodeNama Mata KuliahSksSemesterTeoriPraktek
16218AK02Akuntansi Dasar II323 
26218MN03Manajemen Pemasaran3221
36218EK03Pengantar Ekonomi Makro323 
46218UM04Bahasa Inggris II222 
56218EK04Statistik Ekonomi dan Bisnis3221
66218SI02Organisasi Tata Niaga3212
76218MN04Komunikasi Bisnis3221
86218AK03Aplikasi Komputer Akuntansi I22 2
TOTAL  22 157
No.KodeNama Mata KuliahSksSemesterTeoriPraktek
16218AK04Akuntansi Biaya333 
26218AK05Akuntansi Keuangan Menengah3321
36218AK06Aplikasi Komputer Akuntansi II23 2
46218MN05Manajemen Keuangan3321
56218AK07Perpajakan I3321
66218EK05Kewirausahaan3321
76218EK06Lembaga Keuangan232 
86218UM05Bahasa Inggris 3232 
TOTAL  21 156
No.KodeNama Mata KuliahSksSemesterTeoriPraktek
16218SI03Sistem Informasi Akuntansi3421
26218AK08Akuntansi Keuangan Lanjutan3421
36218AK09Perpajakan II3421
46218AK10Akuntansi Sektor Publik3421
56218UM06Bahasa Inggris 4242 
66218MN06Manajemen Strategi343 
76218MN07Sistem Pengendalian Manajemen3421
TOTAL  20 155
No.KodeNama Mata KuliahSksSemesterTeoriPraktek
16218UM07Metodologi Penelitian3521
26218AK11Teori Akuntansi353 
36218AK12Auditing I3521
46218UM08Etika Profesi dan Bisnis252 
56218MN07Sistem Informasi Manajemen3521
66218AK13Akuntansi Manajemen3521
76218AK14Akuntansi Penganggaran3521
86218UM09Hukum Bisnis252 
TOTAL  22 175
No.KodeNama Mata KuliahSksSemesterTeoriPraktek
16218AK15Audit II3621
26218EK06Perekonomian Indonesia262 
36218AK16Praktek Auditing26 2
46218EK07Investasi dan Pasar Modal363 
56218MN08Manajemen Operasional363 
66218EK08Studi Kelayakan Bisnis3621
76218EK09Bisnis Internasional363 
86218AK17Analisis Laporan Keuangan3621
TOTAL  22 175
No.KodeNama Mata KuliahSksSemesterTeoriPraktek
16218AK18EDP Auditing3721
26218AK19Akuntansi Internasional3721
36218EK10Bisnis Digital dan Inteligensi Bisnis3721
46218UM10Skripsi6724
TOTAL  15 87

Tidak ada berita yang ditemukan.








Komputerisasi Akuntansi

Ketua Jurusan Sekretari

Hengki Parulian Simarmata, M.M.


Merupakan suatu anugerah dan berkat yang dari Tuhan Yang Maha Esa apabila kita masih diberikan kesempatan dan kemampuan untuk menempa ilmu pengetahuan ke jenjang yang lebih tinggi setelah jenjang menengah atas. Dan sudah selayaknya kita memanjatkan puji syukur kepada-NYA yang telah memberkati orang tua kita sehingga mampu mendukung dan membiayai kebutuhan kita dalam melanjutkan pendidikan Diploma 3 ( Ahli Madya / A.Md ) untuk Program Studi Sekretari di Politeknik Bisnis Indonesia yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Bina Usaha Indonesia MURNI SADAR sejak tahun 2011.

Profesi Sekretaris SANGAT DIBUTUHKAN dalam dunia kerja nyata. Tanpa sekretaris maka seorang pimpinan ( baik CEO, Direktur, Manager, Kepala Bagian, dll ) akan mengalami kesulitan dan tidak maksimal dalam menjalankan tugas & tanggungjawab dan atau pelayanannya. Oleh karenanya, Politeknik Bisnis Indonesia berkomitmen untuk memperlengkapi setiap Mahasiswa/i yang ada di Prodi Sekretari dengan Knowledge / ilmu, Skills / ketrampilan, dan Characters / karakter serta Ethics / etika yang harus dimiliki oleh seorang Sekretaris.

Mari, bergabunglah bersama dengan seluruh Civitas Akademika Politeknik Bisnis Indonesia, kita belajar, bertumbuh, dan menjadi berkat. Terima kasih dan Tuhan Yang Maha Esa memberkati. Teriring Salam & Doa.

Visi

Menjadikan Program Studi unggulan dibidang Komputerisasi Akuntansi di Sumatera Utara pada tahun 2020.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses belajar mengajar yang efektif dan optimal dengan mengedepankan cara berfikir dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai Professional, Attitude/sikap, Devotion / Pengabdian, Integrity / Tanggung Jawab (PADI).
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dibidang Komputerisasi Akuntansi yang menunjang kemajuan dunia usaha.
  3. Menyelengarakan pengabdian masyarakat dalam hal pengembangan wawasan masyarakat dibidang Komputerisasi Akuntansi.

Tujuan

  1. Menghasilkan tenaga ahli madya yang mampu menyusun laporan keuangan perusahaan sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku umum
  2. Menghasilkan tenaga ahli madya yang mampu membantu dalam perancangan sistem infomasi akuntansi suatu perusahaan
  3. Menghasilkan tenaga ahli madya yang mampu membantu senior auditor dalam melakukan pemeriksaan atas laporan keuangan
  4. Menghasilkan penelitian dan pengabdian yang aplikatif di bidang akuntansi

Sasaran

  1. Menghasilkan lulusan dengan rencana IPK 3,00 dan waktu tunggu bekerja 4 bulan
  2. Menghasilkan penelitian dosen 1 judul pertahun dengan reputasi lokal atau nasional dan mengikutsertakan mahasiswa sebagai pengumpul data/ analis data
  3. Menghasilkan pengabdian masyarakat yang dapat menunjang kemajuan dunia usaha 4 judul pertahun

Strategi Pencapaian

  1. Memperbaiki kualitas proses belajar dan mengajar di kelas maupun di laboratorium yang berorientasi pada siswa (student centered learning) dengan beban tugas setiap matakuliah 30%
  2. Memperbaiki sarana / fasilitas pembelajaran, laboratorium, melengkapi literatur, dan penunjang lainnya
  3. Memperbaiki kualitas dosen melalui studi lanjut, pelatihan, seminar, lokakarya
  4. Memperbanyak pelatihan bagi mahasiswa dalam bentuk workshop, kuliah tamu dan seminar bagi mahasiswa
  5. Memberikan pelatihan penyusunan proposal hibah-hibah penelitian, memfasilitasi bagi dosen yang akan melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat ke lembaga pemerintah/ swasta
  6. Mewujudkan kerja sama dengan pemerintah daerah dan pihak swasta
# Nama Dosen Mata Kuliah
1 Rizal Sinaga, S.E., M.M. Pengantar Manajemen Perkantoran,
Praktikum Manajemen Kearsipan,
Manajemen Keuangan
2 Calen, S.E., M.M. Dasar Akuntansi I,
Pengantar Manajemen Kearsipan,
Manajemen Pemasaran
3 Justrina Br. Singarimbun, S.E. Matematika Ekonomi,
Dasar Akuntansi II,
Sistem Informasi Manajemen
4 Selimarwati, S.E. Praktikum Dasar Akuntansi,
Manajemen Sumber Daya Manusia
5 Deva Marina, S.E. Keuangan dan Perbankan,
Komunikasi Bisnis
6 Timotius Agama
7 Filiaty, S.E. Pengantar Mikroekonomi,
Lobi dan Negoisasi
8 Wesly Nababan, M.Pd. Pengembangan Kepribadian,
Kepemimpinan
9 Johny Chandra, S.E., M.M. Workshop Kewirausahaan,
Keuangan dan Perbankan,
Pengetahuan Ekspor Impor
10 Sahat Sonang, M.Kom. Pengantar Teknologi Informasi Komputer,
Pengantar Aplikasi Komputer,
Aplikasi Komputer Bisnis
11 Viktor Marudut Siregar, S.Kom. Praktikum Pengenalan Teknologi Informasi Komputer,
Aplikasi Komputer Bisnis
12 Pontas Pardede, S.E., M.Sc. Metode Penelitian
13 Alexander Barus Moneter dan Bank,
Etika Profesi
14 James Timbul Sitorus Kewirausahaan,
Perpajakan
15 Raja Ahab Damanik Pendidikan Kewarganegaraan,
Hukum Bisnis,
Hukum Pajak,
Pengetahuan Hukum Dagang
16 Rennya Villsa Trisada Pengantar Sekretari,
Pengantar Travel,
Etiket dan Protokoler

Semester 1

# Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS
1 MPK411401 Agama 2
2 MPK411402 Bahasa Inggris I 2
3 MKB411401 Aplikasi Komputer 2
4 MKK411401 Matematika Ekonomi 3
5 MKK411402 Pengantar Manajemen Perkantoran 3
6 MPK411403 Pendidikan Kewarganegaraan 2
7 MKK411402 Dasar Akuntansi I 2
8 MKB411402 Praktikum Dasar Akuntansi I 2
9 MPB111303 Praktikum Eletronika Dasar- I 2
10 MKK411403 Manajemen Pemasaran 3
    Total 21

Semester 2

# Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS
1 MPK411404 Bahasa Inggris II 2
2 MKK411404 Pengantar Sekretaris 2
3 MKK411405 Pengantar Manajemen Kearsipan 2
4 MKB411403 Praktikum Manajemen Kearsipan 2
5 MKK411406 Pengantar Mikroekonomi 2
6 MKK411407 Dasar Akuntansi II 2
7 MKB411404 Praktikum Komputer Akuntansi I 2
8 MKB411405 Aplikasi Komputer II 3
9 MPB411401 Hukum Perbankan 3
    Total 20

Semester 3

# Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS
1 MPK411405 Bahasa Inggris III 2
2 MKB411406 Kewirausahaan 2
3 MKK411409 Manajemen Sumber Daya Manusia 3
4 MKK411410 Keuangan dan Perbankan 3
5 MKK411411 Ekonomi Moneter 3
6 MKB411407 Aplikasi Komputer III 3
7 MKK411412 Pengetahuan Ekspor Impor 2
8 MPB411402 Komunikasi Bisnis 2
    Total 20

Semester 4

# Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS
1 MPK411406 Bahasa Inggris IV 2
2 MPB411403 Metode Penelitian 2
3 MKK411414 Manajemen Keuangan 3
4 MKB411408 Aplikasi Komputer IV 3
5 MKK411415 Sistem Informasi Manajemen 3
6 MKB411409 Praktikum Sekretaris 2
7 MKK411416 Perpajakan 3
8 MPB411403 Etiket dan Protokoler 2
    Total 20

Semester 3

# Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS
1 MPK411405 Bahasa Inggris III 2
2 MKB411406 Kewirausahaan 2
3 MKK411409 Manajemen Sumber Daya Manusia 3
4 MKK411410 Keuangan dan Perbankan 3
5 MKK411411 Ekonomi Moneter 3
6 MKB411407 Aplikasi Komputer III 3
7 MKK411412 Pengetahuan Ekspor Impor 2
8 MPB411402 Komunikasi Bisnis 2
    Total 20

Semester 5

# Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS
1 MPB411404 Etika Profesi 2
2 MBB411401 Kerja Praktek 2
3 MPB411405 Kepemimpinan 3
4 MPK411407 Bahasa Mandarin I 3
5 MKK411417 Pengantar Travel 2
6 MPB411406 Lobi dan Negosiasi 2
7 MPB411407 Hukum Bisnis 2
8 MPB411408 Public Relations 2
9 MKK411418 Pengetahuan Hukum Dagang 3
    Total 21

Semester 6

# Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS
1 MBB411402 Tugas Akhir 4
2 MPK411408 Bahasa Mandarin II 3
3 MKB411410 Praktikum Pengembangan Kepribadian 3
4 MKB411411 Praktikum Perkantoran 3
    Total 13

Tidak ada berita yang ditemukan.

Partners

Campus Locations

(0622) 420466, 082168606066, 087892122177

Jalan Sriwijaya No. 9(C-E), Pematangsiantar

Sumut - Indonesia

Link Luar

Simlitabnas

Perpustakaan Nasional

Ristekdikti